Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Mengenal Apa Itu White Hat Hacker

Hacker selalu di konotasikan kepada seseorang yang melakukan tindak kejahatan didunia online, tapi tidak semua hacker itu jahat. Ada hacker yang baik yaitu White Hacker. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan simak artikel dibawah ini.

Apa itu White Hat Hacker?

White hat hacker adalah hacker yang bersertifikat yang memiliki keahlian dalam bidang keamanan cyber dan menggunakan keamanan tersebut untuk hal yang baik. White hat hacker menggunakan kemampuannya untuk melindungi sistem di perusahaan, organisasi ataupun pemerintahan. Mereka adalah pakar keamanan cyber yang melakukan peretasan untuk mengidentifikasi apakah sebuah sistem sudah memiliki tingkat keamanan yang baik atau apakah ada celah keamanan yang rentan untuk disusupi oleh hacker jahat. 

Tugas White Hat Hacker 

Sebelum sebuah perusahaan merilis sebuah sistem mereka, mereka akan menguji sistem ini terlebih dahulu untuk memastikan apakah sistem ini sudah baik dari segi keamanannya. Disinilah tugas white hacker diperlukan untuk menguji apakah sistem informasi. White hat akan menjalankan pemindaian mendalam di dalam jaringan untuk mencari malware, mencoba meretas sistem informasi menggunakan berbagai metode yang biasanya digunakan oleh black hats, bahkan mencoba menipu staf perusahaan agar mengklik tautan yang mengarah ke serangan malware. 

Tindakan-tidakan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah keaman didalam perusahaan itu baik. Jika mereka menemukan kerentanan, mereka akan memberikan berbagai macam solusi perbaikan mengenai sistem tersebut. Jadi secara garis besar, tugas white hat hacker adalah menemukan kerentanan pada sistem sebelum black hat hacker menemukannya. 

Langkah-Langkah White Hat Hacker Menguji : 

  • Meneliti target yang akan diretas

  • Memindai jaringan dan sistem target dengan berbagai macam vulnerability scanners

  • Merencanakan serangan yang mencakup eksploitasi kerentanan perangkat lunak, kerentanan sistemik, atau memanipulasi sosial.

Jabatan White Hat Hacker di Perusahaan : 

  • Penetration tester

  • Cybersecurity analyst

  • Information security analyst

  • Intrusion detection analyst

  • IT security engineer

  • IT security administrator

  • Network security analyst

Alasan Dibutuhkan White Hat Hacker

  • White Hat Hacker Membantu Meningkatkan Keamanan Sistem

Sebagian perusahaan sudah mengadopsi invoasi baru untuk mengoptimalkan tugas mereka sehari-hari dengan bantuan platform digital. Sebagian perusahaan saat ini sudah menggunakan platform digital untuk memasarkan produk ataupun layanan mereka. Hal ini membuat perusahaan sangat rentan terhadap serangan dari cyber crime karena hacker mengincar data-data sensitif yang tersimpan. Oleh karena itu perusahaan merancang strategi untuk meningkatkan keamanan sistem yang mereka gunakan. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan jasa white hat hacker untuk menghindari serangan dari sudut pandang seorang hacker. 

  • Melindungi Data Perusahaan

Data adalah aset yang berhaga bagi perusahaan yang harus dijaga. Anda mungkin pernah mendengar beberapa perusahaan di Indonesia yang menjadi korban serangan data atau pencurian data.Serangan ini dilakukan oleh para hacker yang dengan sengaja membobol sistem sehingga data-data sensitif milik perusahaan atau pelanggan dapat terakses. Tidak jarang, data sensitif yang diperoleh para hacker diperjual-belikan di dalam dark website untuk mendapatkan uang. Dengan adanya penetration testing, dapat membantu suatu perusahaan untuk menemukan celah keamanan agar bisa segera ditambal atau diperbaiki sebelum black hat hacker menemukannya dan mengakses data-data penting didalamnya.

  • Melindungi Reputasi Perusahaan

Sistem keamanan yang buruk dan lemah akan merugikan suatu perusahaan, reputasi sebuah perusahaan yang sudah dibangun selama bertahun-tahun bisa saja berubah secara drastis menjadi buruk karena kekecewaan pelanggan. Untuk menjaga keberlangsungan bisnis, maka perusahaan membutuhkan white hat hacker. White hat hacker dapat melakukan vulnerability assessment untuk mengetahui berbagai informasi mengenai kelemahan keamanan pada IT environment di perusahaan.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber  :