Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Kenali berbagai bahasa pemrograman: Penjelasan dan Jenisnya

Apa Itu Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang terdiri dari berbagai macam sintaks - sintaks yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan sesuatu yang diperintahkan. Programmer adalah orang yang memberikan perintah perintah berupa sintaks kepada komputer. Untuk membuat suatu program, aplikasi atau tampilan website membutuhkan sintaks-sintaks tersebut.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman
1. JavaScript

Bahasa pemrograman yang pertama adalah JavaScript, bahasa pemrograman ini sangat terpopuler. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang fokus pada pengembangan website. Bahasa ini dikembangkan sejak tahun 1995 dan merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua di dunia.

Terdapat juga Node.js dan framework React Native yang membantu JavaScript untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis web, mobile, games, animasi grafis dan lainnya.

2. Python

Python sering digunakan untuk menampilkan data-data dan analisis untuk situs web dan perangkat lunak. Python dikembangkan pada tahun 1991. Selain digunakan untuk menampilkan data dan untuk analisis, Python digunakan untuk pengembangan web, AI, Big Data, Machine Learning, dan lainnya.

3. C++

Bahasa pemrograman C++ merupakan pengembangan dari bahasa C. Bahasa ini umum digunakan untuk pengembangan game, sistem operasi, dan perangkat lunak.

4. PHP

PHP atau HPH Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman yang cukup digunakan saat ini. PHP sering digunakan untuk pengembangan website.

5. HTML

HTML atau HyperText Markup Language adalah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah halaman website. HTML biasa digunakan bersama dengan bahasa pemrograman CSS agar membantu HTML dalam hal styling.

6. CSS

CSS atau Cascading Style Sheets adalah basasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Bahasa pemrograman digunakan untuk memberikan styling kepada HTML untuk pemrograman website

7. SQL

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk pengolahan data di database. Tujuan menggunakan SQL adalah untuk menampilkan, menambahkan, mengubah, mengelola, dan mengurangi data dalam database.

8. Go

Go atau Golang dikembangkan pada tahun 2009 dan menawarkan kinerja yang tinggi dan mudah dipahami dan cocok untuk pengembangan aplikasi berkinerja tinggi. Bahasa pemrograman ini memiliki keunggulan yaitu memiliki kecepatan performa bahasa C.

9. Dart

Dart adalah bahasa pemrograman yang dirilis pada tahun 2011. Tujuan dari dart untuk membangun aplikasi web dan mobile yang modern, mudah, dan efisien. Dart memiliki sintaks yang mirip dengan pemrograman lain yaitu C++ dan JavaScript. Bahasa pemgoraman Dart sangat berkembang pesat dan sekarang berkembang menjadi bahasa utama untuk pengembangan aplikasi flutter.

10. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman untuk mengembangkan aplikasi di ekosistem Apple. Bahasa ini memiliki sintaks yang modern dan simpel untuk membangun aplikasi yang cepat, mudah, dan aman.

11. Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang digunakan juga untuk mengembangkan aplikasi mobile. Bahasa kotlin berjalan pada platform Java Virtual Machine atau JVM sehingga sintaks kotlin berbasis Java.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber :