Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Two Factor Authentication

Artikel ini akan membahas apa itu two factor authentication, silahkan simak artikel di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Apa Itu Two Factor Authentication

Two-Factor Authentication (2FA) atau otentikasi dua faktor adalah fitur keamanan opsional yang dirancang untuk melindungi akun Anda dari berbagai ancaman digital, termasuk peretasan. Fitur ini telah diadopsi oleh banyak pengembang di seluruh dunia untuk mengamankan data pengguna mereka.

Bagaimana Cara Kerja Two Factor Authentication

- Mengaktifkan 2FA: Saat mengaktifkan Two-Factor Authentication, biasanya Anda diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda.

- Verifikasi Data: Setelah semua data yang diminta untuk verifikasi telah lengkap, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang telah Anda daftarkan.

- Memasukkan Kode: Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang terdaftar pada halaman verifikasi.

Apa Fungsi Two Factor Authentication

Fungsi utama 2FA adalah untuk memberikan lapisan keamanan tambahan pada akun yang digunakan di layanan-layanan online. Banyak jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp menggunakan fitur ini. Selain itu, layanan online lainnya seperti Google, Amazon, Microsoft, DropBox, PayPal, dan WhatsApp juga mengimplementasikan 2FA untuk melindungi pengguna dari risiko kejahatan digital.

Apakah Fitur Two Factor Authentication Aman

Walaupun tidak ada jaminan mutlak bahwa fitur ini akan sepenuhnya melindungi Anda dari pencurian data online, 2FA menawarkan lapisan perlindungan tambahan. Bahkan jika seseorang mengetahui kata sandi dan nama pengguna akun Anda, mereka tetap memerlukan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon atau email terdaftar untuk mengakses akun tersebut, sehingga memberikan pengamanan ekstra.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber : 

- https://www.alumagubi.co.id/yuk-kenalan-dengan-two-factor-authentication/

- https://kominfo.kotabogor.go.id/index.php/post/single/838