Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Spyware, Jenis Jenis Spyware dan Cara Menghindarinya

Pada artikel ini akan kita akan membahas mengenai spyware, contoh-contohnya, dan cara mencegahnya.

Apa Itu Spyware

Spyware adalah perangkat lunak yang diinstal secara diam-diam di komputer seseorang tanpa sepengetahuan atau izin mereka, dan digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi atau data sensitif tanpa sepengetahuan pengguna. Biasanya, spyware diturunkan melalui email spam atau situs web berbahaya dan dapat menyebabkan kerugian finansial, kerugian privasi, atau kerusakan sistem. Tujuan utama dari spyware adalah untuk mendapatkan nomor kartu kredit, informasi perbankan, dan password.

Spyware sangat berbahaya karena digunakan secara eksplisit untuk mengambil keuntungan dari data yang dicuri. Baik untuk alasan yang "sah" atau penipuan, aktivitas pengawasan spyware merupakan bentuk pelanggaran data dan penyalahgunaan data pribadi. Spyware juga mempengaruhi kinerja jaringan dan perangkat Anda serta memperlambat aktivitas software dalam komputer Anda.

Seberbahaya Apa Spyware

Spyware dapat menimbulkan bahaya signifikan bagi pengguna komputer. Spyware dapat mengumpulkan informasi pribadi atau data sensitif pengguna, seperti nomor kartu kredit, password, atau rincian akun online, dan menyebarkannya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ini dapat mengakibatkan kerugian finansial bagi pengguna, atau bahkan pencurian identitas. Selain itu, spyware juga dapat merusak sistem komputer, menyebabkan penurunan kinerja atau error, yang dapat menyulitkan pengguna dalam mengakses data atau menggunakan aplikasi. Oleh karena itu, penting untuk melindungi komputer dari spyware dengan menginstal perangkat lunak antivirus dan selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi yang terinstal di komputer.

Jenis Spyware

Berikut ini adalah jenis-jenis spyware : 

- Adware

Adware muncul dalam bentuk iklan pop-up yang muncul ketika Anda mengunjungi sebuah website. Adware bisa berbahaya jika Anda tidak sengaja mengkliknya, karena bisa mengarahkan Anda ke website phishing atau mengunduh malware secara otomatis di perangkat Anda.

- Keylogger

Keylogger adalah spyware yang bisa merekam aktivitas keyboard Anda. Pelaku dapat mengintai kata sandi, alamat email, atau data sensitif lainnya yang Anda ketikkan. Data tersebut kemudian dikirimkan ke server hacker.

- Password Theft

Password theft adalah spyware yang dirancang untuk mencuri kredensial login seperti password, PIN, atau username. Data yang dicuri akan dikirimkan ke server hacker, yang kemudian dapat menyalahgunakannya. Biasanya, password theft menargetkan akun perbankan, e-commerce, atau akun lainnya yang digunakan untuk bertransaksi.

- Trojan

Trojan adalah spyware yang menyamar sebagai software normal yang disebarkan oleh hacker melalui email phishing. Trojan tidak akan terinstal dengan sendirinya di perangkat Anda. Setelah terinstal, Trojan akan menjalankan perintah yang dirancang oleh hacker, seperti menginstal spyware lain hingga mengambil alih perangkat Anda.

- Browser Hijacker

Browser hijacker membajak browser Anda dan mengubah pengaturan homepage-nya. Ciri-cirinya adalah menampilkan adware yang berbahaya ketika Anda mengunjungi sebuah website. Jenis serangan ini cukup parah karena bisa mencakup serangan keylogger juga.

- Pegasus

Pegasus adalah spyware yang dapat mengumpulkan informasi sensitif dari perangkat, seperti rincian kontak, riwayat panggilan, atau pesan teks, dan mengirimkannya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Pegasus juga dapat mengaktifkan kamera atau mikrofon perangkat tanpa sepengetahuan pengguna, sehingga dapat mengintai aktivitas mereka.

Cara Terhindari dari Spyware

Beberapa cara untuk menghindari spyware : 

- Jangan Asal Klik Iklan yang Mencurigakan

IIklan mencurigakan biasanya menjanjikan hadiah atau penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, atau meminta informasi pribadi atau data sensitif. Jika Anda mengklik iklan tersebut, Anda bisa terkena spyware atau malware yang dapat mengumpulkan informasi pribadi atau merusak sistem komputer.

- Tautan Pada Email

Perusahaan sering kali menerima kiriman email dari pihak yang mengaku tertarik dengan produk mereka atau ingin bekerja sama. Namun, scammer sering menyisipkan tautan yang akan mengunduh spyware ke perangkat Anda saat diklik.

- Memasang Anti Virus

Memasang perangkat lunak antivirus adalah salah satu cara efektif untuk mencegah spyware. Antivirus dirancang untuk mendeteksi dan menghapus malware, termasuk spyware, yang menyerang komputer. Antivirus dapat bekerja secara real-time atau melakukan pemindaian sistem secara berkala untuk mendeteksi malware yang tersembunyi di komputer.

- Jauhi Toko Aplikasi Tidak Resmi

Toko aplikasi pihak ketiga sering kali membawa banyak aplikasi spyware berbahaya. Hindari mengunduh dari toko ini untuk menurunkan risiko infeksi.

- Aktifkan atau Unduk Pemblokir Pop-up

Banyak browser menawarkan pemblokir pop-up bawaan, tetapi Anda mungkin ingin mengatur filter pada tingkat tinggi untuk mencegah spyware masuk.

- Gunakan Web Application Firewall

Setiap komputer idealnya dilengkapi dengan firewall untuk menjaga keamanan komputer. Pilihlah firewall terbaik yang mampu mengatasi serangan siber apa pun.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau desktop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber :