Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu GPU dan Fungsi GPU

Dalam artikel ini akan membahas Unit Pemrosesan Grafis atau GPU silahkan simak artikel di bawah ini.

Apa Itu GPU

Unit Pemrosesan Grafis (GPU) adalah komponen elektronik yang mampu menjalankan perhitungan matematika dengan sangat cepat. Tugas-tugas komputasi seperti rendering grafis, pembelajaran mesin (ML), dan pengeditan video membutuhkan penerapan operasi matematika yang serupa pada kumpulan data besar. GPU didesain untuk melakukan operasi yang sama pada beberapa data secara paralel, yang meningkatkan efisiensi pemrosesan untuk berbagai tugas yang memerlukan komputasi intensif.

Fungsi GPU

GPU awalnya dirancang untuk mempercepat rendering grafis 3D. Namun, seiring waktu, GPU menjadi lebih fleksibel dan dapat diprogram, sehingga kemampuannya meningkat. Ini memungkinkan program grafis menciptakan efek visual yang lebih menarik dan realistis dengan teknik pencahayaan dan bayangan yang lebih canggih. Selain itu, pengembang mulai memanfaatkan kekuatan GPU untuk mempercepat berbagai beban kerja tambahan dalam komputasi kinerja tinggi (HPC), pembelajaran mendalam, dan lainnya.

Penggunaan GPU

Berikut adalah beberapa penggunaan GPU yang paling umum saat ini:

- Gaming

Penggunaan pertama GPU di luar visualisasi bisnis dan pemerintahan adalah dalam game. Pada tahun 1980-an, GPU digunakan di konsol game dan hingga kini masih digunakan di PC dan konsol game modern untuk rendering grafis yang kompleks.

- Visualisasi Profesional

GPU digunakan dalam aplikasi profesional seperti desain CAD, pengeditan video, panduan produk interaktif, citra medis, dan pencitraan seismik. GPU juga diterapkan pada aplikasi pengeditan dan visualisasi gambar serta video kompleks lainnya. Bahkan aplikasi berbasis web dapat memanfaatkan GPU melalui pustaka seperti WebGL.

- Machine Learning

Melatih model pembelajaran mesin (ML) membutuhkan daya komputasi yang besar, dan sekarang banyak yang berjalan pada GPU untuk memberikan hasil yang lebih cepat. Meskipun melatih model pada perangkat keras sendiri memerlukan waktu yang lama, menggunakan GPU cloud dapat memberikan hasil yang lebih cepat.

- Blockchain

Mata uang kripto dibangun di atas blockchain, dan beberapa jenis blockchain seperti proof of work sangat bergantung pada GPU untuk operasinya. Namun, Sirkuit Terintegrasi Khusus Aplikasi (ASIC) kini sering digunakan sebagai pengganti GPU untuk pemrosesan blockchain

- Simulasi

Aplikasi simulasi canggih seperti dinamika molekuler, prakiraan cuaca, dan astrofisika sering menggunakan GPU. GPU juga digunakan dalam banyak aplikasi desain otomotif dan kendaraan besar, termasuk dinamika fluida.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber : 

- https://aws.amazon.com/id/what-is/gpu/

- https://dwen.com/en-us/what-is-a-gpu-graphics-processing-units-defined-2/