Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Figma? Kegunaan Figma

Apa itu figma? figma adalah salah satu tools desain yang dapat digunakan untuk membuat desain interface dari sebuah aplikasi yang ingin dibuat. Figma dapat dijalankan pada windows dan macOS. Figma berfokus kepada desain terkait UI (User Interface) dan UX (User Experience). Terdapat beberapa tools yang memiliki kemiripan seperti Figma yaitu Sketch dan Adobe XD dan yang membedakannya hanya pada fiturnya.

Figma Itu Apa?

Figma pertama kali didirikan pada tahun 2012 dan figma ini berbasis pada cloud, hal ini membuat figma dapat diakses dimana saja asalkan dekstop, laptop atau handphone anda terhubung dengan jaringan internet. Figma adalah tools pendukung UI dan UX yang digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi atau sebuah website. Kelebihan Figma adalah memberikan fitur bagi pengguna untuk mendesain interface dari sebuah aplikasi yang bersifat real-time dan kolaboratif.

Fitur yang Ditawarkan oleh Figma

Figma menjadi salah satu tools favorit yang biasa digunakan oleh para developer ketika ingin mengembangkan suatu website atau aplikasi. Fitur yang ditawarkan oleh figma adalah design, prototyping, dan juga design system.

Design

Figma menyediakan berbagai fitur yang mendukung desain. Salah satunya adalah Modern Pen Tool, yang memungkinkan pengguna untuk menggambar dengan cara yang inovatif tanpa perlu menghubungkan kembali ke titik awal desain. Fitur kedua adalah OpenType, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan font pada aplikasi atau web. Selanjutnya, ada Auto Layout, yang memudahkan pengguna dalam membuat tata letak secara otomatis. Fitur desain terakhir adalah plugin dan widget, yang sangat membantu pengguna dalam berbagai kebutuhan desain.

Prototyping

Figma menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat prototipe dari desain yang telah dibuat. Fitur pertama dalam prototyping adalah Interactions, yang memungkinkan pengguna mengatur gaya tombol interaksi baik secara halus maupun kasar. Kedua, ada Mobile-Viewing, yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mencoba prototipe pada berbagai macam smartphone atau ukuran yang lebih besar. Fitur ketiga adalah Dynamic Overlays, yang memungkinkan pembuatan beberapa lapisan overlay untuk konten interaktif pada aplikasi. Fitur terakhir adalah Animated GIFs, yang memungkinkan pengguna menambahkan GIF untuk desain bergerak atau animasi.

Kelebihan dan Kekurangan Figma

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan fitur dan tools editing yang cukup lengkap

  • Merupakan desain tools kolaboratif yang memungkinkan seluruh tim terlibat dalam proses pembuatan desain secara real-time

  • Data sharing mudah

  • Figma bisa diakses pada seluruh sistem operasi dan browser, karena aplikasi figma tidak perlu diunduh terlebih dahulu

  • Memiliki komunitas yang luas, dan pengguna bisa menggunakan atau memodifikasi desain milik desainer lain yang ada di community library

Kekurangan

  • Figma sangat mengandalkan jaringan internet yang cukup stabil

  • Color Palette harus dibuat sendiri secara manual atau dapat menggunakan beberapa plugins

  • Opsi searching hanya bisa dilakukan dengan menuliskan nama layer atau tipe, tidak bisa menggunakan keyword

  • Butuh perangkat dengan RAM dan spesifikasi tinggi agar Figma bisa dijalankan dengan lancar.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber