Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Doxing? Jenis Doxing dan Cara Pencegahan

Apa itu Doxing? 

Apa itu doxing? Doxing berasal dari kata “dox” merupakan akronim dari dropping documents. Doxing adalah sebuah tindakan untuk meneliti dan menyebarluaskan informasi pribadi secara publik dan tanpa persetujuan terhadap seorang individu atau organisasi yang berbasis internet. Biasanya informasi pribadi yang diungkapkan yaitu nama, alamat, nomor pribadi. foto pribadi, informasi rekening bank atau kartu kredit, dan lain-lain.

Doxing memiliki konotasi negatif karena tindakan ini melanggar privasi seseorang. Hal ini sengaja diakukan dengan tujuan untuk menghukum, mengintimidasi, atau mempermalukan korban yang bersangkutan.

Tipe Tipe Doxing

Deanominasi

Deanominasi doxing adalah sebuah tindakan dengan merilis informasi yang mengungkap informasi mengenai seseorang atau sekelompak orang yang sebelumnya anonim atau dikenal dengan nama samaran.

Penargetan

Penargetan doxing adalah tindakan untuk mengungkapkan informasi spesifik mengenai lokasi seseorang yang memungkinkan orang tersebut untuk ditemukan secara fisik. 

Delegitimasi

Delegitimasi doxing adalah tindakan untuk merilis informasi pribadi yang bertujuan untuk merusak kredibilitas, reputasi atau karakter sasaran. 

Beberapa Pencegahan Diri Dari Doxing

Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Menggunakan kata sandi yang kuat bisa menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

Hindari Penggunaan Kata Sandi yang Sama

Gunakan kata sandi yang berbeda untuk beberapa akun dan pastikan untuk mengubah kata sandi secara berkala. 

Gunakan Nama Pengguna Terpisah Untuk Platform Berbeda

Jika daftar pada forum online seperti Reddit, Discord, YouTube, atau platform lainnya, pastikan untuk menggunakan nama pengguna yang berbeda untuk setiap layanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari para doxer dapat menelurusi komentar anda di berbagai platform.

Buat Akun Email Terpisah Untuk Tujuan Terpisah

Pikirkan untuk menggunakan email terpisah untuk setiap tujuan profesional atau pribadi. Hindari penggunaan penggunaan nama depan, nama belakang, tanggal lahir pada alamat gmail kalian.

Gunakan Keamanan Ganda

Beberapa aplikasi menyediakan fitur untuk keamanan ganda dengan menerapkan kode PIN. fitur ini bertujuan untuk memberikan keamanan tambahan.

Waspada Terhadap Email Phising

Doxer menggunakan penipuan phising dengan untuk mendapatkan informasi pribadi termasuk kata sandi dan username. Phising bisa dikirimkan melalui email dan beberapa platform.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber