Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Data Mining, Metode Data Mining, dan Fungsi Data Mining

Apa itu data mining? artikel ini akan membahas apa itu data mining dan penjelasan lainnya terkait data mining. silahkan simak artikel ini sampai habis

Apa Itu Data Mining

Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data dengan tujuan untuk mengekstrak informasi penting dari data tersebut. Proses ini melibatkan penggunaan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistik, matematika, atau teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI). Data mining sering juga disebut sebagai Knowledge Discovery in Database (KDD).

Tujuan Data Mining

Berikut ini beberapa tujuan data mining dilakukan

- Explanatory

Data mining digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi atau fenomena yang sedang diteliti.

- Confirmatory

Data mining bisa digunakan untuk mengkonfirmasi atau memperkuat sebuah pernyataan atau hipotesis.

- Exploratory

Data mining membantu dalam mencari dan mengidentifikasi pola baru yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Fungsi Data Mining

Berikut ini adalah fungsi data mining

- Deskripsi

Fungsi ini membantu memahami lebih dalam tentang data yang dianalisis. Proses ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola tertentu dalam data yang kemudian bisa digunakan untuk mengetahui karakteristik data tersebut.

- Predictive

Fungsi prediksi digunakan untuk menemukan pola tertentu dalam data yang dapat digunakan untuk meramalkan variabel yang belum diketahui. Pola-pola ini didasarkan pada variabel yang ada dalam data dan dapat membantu dalam melakukan prediksi terhadap variabel lain yang tidak diketahui.

Metode Data Mining

Berikut ini adalah metode-metode dari data mining

- Association

Metode berbasis aturan yang digunakan untuk menemukan hubungan antar variabel dalam satu set data. Teknik ini sering digunakan untuk mengidentifikasi korelasi produk dalam keranjang belanja guna memahami kebiasaan konsumsi pelanggan dan mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif.

- Classification

Metode ini digunakan untuk memprediksi kelas atau kategori suatu objek. Ini adalah salah satu metode paling umum dalam data mining.

- Regression

Teknik ini digunakan untuk menjelaskan hubungan antara variabel dependen dan independen. Sebagai contoh, meramalkan penjualan produk berdasarkan harga produk dan pendapatan rata-rata pelanggan.

- Clustering

Metode ini digunakan untuk mengelompokkan data ke dalam beberapa grup berdasarkan kemiripan atribut yang dimiliki. Contoh penerapannya adalah segmentasi pelanggan yang mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik yang serupa.

Penerapan Data Mining

Berikut ini adalah penerapan dari data mining

- Bisnis

Data mining digunakan dalam pemasaran, analisis pasar, dan analisis kebutuhan pelanggan.

- Edukasi

Dalam pendidikan, data mining membantu memahami karakteristik siswa untuk menentukan pola pembelajaran yang paling efektif.

- Asuransi

erusahaan asuransi menggunakan data mining untuk memahami minat dan kebutuhan nasabah, menawarkan produk yang tepat, serta mendeteksi penipuan dan risiko klaim.

- Perbankan

Dalam sektor perbankan, data mining digunakan untuk memprediksi kemungkinan nasabah gagal melunasi pinjaman, sehingga membantu mengurangi risiko kerugian.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber : 

- https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-data-mining/

- https://www.jagoanhosting.com/blog/apa-itu-data-mining/