Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Data Breach, Penyebab Terjadinya Data Breach dan Cara Mengatasinya

Apa itu data breach dan apakah sangat berbahaya bagi kita? simak artikel dibawah ini.

Apa Itu Data Breach

Data breach adalah insiden keamanan di mana peretas berhasil mendapatkan akses tidak sah ke informasi sensitif seseorang. Data-data tersebut bisa berupa informasi pribadi, laporan keuangan, atau catatan medis. Pelanggaran data ini menjadi salah satu insiden keamanan siber yang paling umum dan dapat merugikan individu maupun bisnis. Penyebabnya bervariasi, termasuk kelemahan keamanan perangkat dan perilaku pengguna.

Penyebab Terjadinya Data Breach

Beberapa faktor utama yang bisa menjadi penyebab pelanggaran data, di antaranya adalah sebagai berikut:

- Kredensial atau Password yang Lemah

Password atau kata sandi seharusnya mengamankan sistem, tetapi masih banyak yang menggunakan kata sandi sederhana. Jika peretas menemukan kata sandi Anda, mereka bisa masuk ke sistem dan mengakses data sensitif.

- Kehilangan Sebuah Device

Laptop atau hard drive eksternal yang tidak terenkripsi dan tidak terkunci rentan terhadap kehilangan informasi penting.

- Kerentanan Di Dalam Aplikasi

Peretas sering menyerang saat menemukan kerentanan dalam sistem. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan penetration testing secara rutin untuk menemukan dan memperbaiki celah keamanan.

- Terkena Malware

Peretas dapat menyebarkan malware ketika sistem memiliki kerentanan keamanan atau ketika karyawan secara tidak sengaja mengklik tautan berbahaya di email.

- Orang Dalam yang Berbahaya

Karyawan yang memiliki akses ke data sensitif perusahaan kadang menyalahgunakannya dan memberikan akses kepada peretas demi imbalan uang.

- Phising

Phishing adalah serangan dengan memanipulasi psikologis pengguna agar menyerahkan data pribadi mereka.

- Terkena Spyware

Spyware adalah malware yang mencuri data pribadi tanpa terdeteksi oleh pengguna perangkat.

- Brute Force Attack

Ini adalah metode peretasan dengan mencoba berbagai kombinasi kata sandi hingga menemukan yang benar. Jika kata sandi mudah ditebak, peretas akan lebih mudah masuk ke sistem.

Cara Mengatasi Data Breach

Berikut ini adalah cara mengatasi data breach : 

- Update Security Software

Pilih perangkat lunak keamanan berkualitas tinggi dan pastikan tim perusahaan menginstal perangkat lunak yang dilengkapi dengan malware dan antivirus.

- Isolasi Sistem yang Diserang

Jika terjadi pelanggaran data, isolasi sistem untuk membatasi akses ke data berharga. Langkah ini harus segera dilakukan untuk mencegah peretas mengakses dan merusak sistem lebih lanjut. Gunakan infrastruktur keamanan yang lebih tinggi untuk mencegah serangan berulang.

- Enkripsi dan Lakukan Backup Data

Enkripsi dan backup data secara rutin penting untuk mencegah serangan pelanggaran data. Bersihkan data yang tidak diperlukan dan buat instalasi baru di sistem operasi untuk menghapus drive.

- Gunakan Password yang Kuat

Gunakan kombinasi kata sandi yang kuat untuk mencegah peretasan melalui brute force attack atau metode lainnya.

- Memantau Rekening Keuangan

Saat terjadi serangan, pantau rekening keuangan Anda karena ini adalah incaran pertama pencuri. Periksa semua transaksi, laporan kredit, dan lainnya untuk mendeteksi kejanggalan.

- Lakukan Backup File

Backup data secara rutin untuk menghindari serangan. Lakukan pembersihan hard drive penuh dan buat sistem operasi untuk menghapus drive. Ini juga bisa dilakukan untuk smartphone atau gadget lain yang menggunakan cloud technology.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber :