Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python, Manfaat Penggunaan Python, Library yang Sering Digunakan di Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer dipakai, tapi apa itu bahasa pemrograman python? mari kita simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Python

Python adalah bahasa pemrograman komputer yang banyak digunakan untuk membangun situs web, software/aplikasi, otomatisasi tugas, dan analisis data. Sebagai bahasa pemrograman tujuan umum, Python dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis program yang berbeda, tidak terbatas pada satu masalah khusus. Karena sifatnya yang serbaguna dan mudah digunakan, Python menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer, terutama di kalangan pemula.

Manfaat dari Python

Berikut ini adalah manfaat dari python : 

- Mudah Dibaca dan Dipahami

Python memiliki sintaks yang sederhana dan mirip dengan bahasa Inggris, membuatnya mudah bagi developer untuk membaca dan memahami program.

- Produktivitas Tinggi

Python memungkinkan developer menulis kode dengan baris yang lebih sedikit dibandingkan dengan bahasa lain, meningkatkan produktivitas.

- Pustaka Standar Besar

Python memiliki pustaka standar yang besar, berisi kode yang dapat digunakan kembali untuk berbagai tugas, sehingga developer tidak perlu menulis kode dari awal.

- Interoperabilitas dengan Bahasa Lain

Python dapat dengan mudah digunakan bersama bahasa pemrograman populer lainnya seperti Java, C, dan C++.

- Komunitas Aktif

Python memiliki komunitas besar yang terdiri dari jutaan developer di seluruh dunia. Jika mengalami kesulitan, Anda dapat dengan cepat mendapatkan dukungan dari komunitas.

- Sumber Daya Pembelajaran yang Melimpah

Tersedia banyak video, tutorial, dokumentasi, dan panduan developer di internet untuk mempelajari Python.

- Portabilitas

Python dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, Linux, dan Unix.

Contoh Penggunaan Python

Berikut ini contoh penggunaan python : 

- Data Analisis dan Machine Learning

Python banyak digunakan dalam ilmu data untuk melakukan perhitungan statistik, membuat visualisasi data, dan mengembangkan algoritma machine learning.

- Pengembangan Web (Web Development)

Python sering digunakan untuk mengembangkan backend situs web atau aplikasi, termasuk pengiriman data ke dan dari server, pemrosesan data, dan memastikan keamanan situs. Framework populer untuk pengembangan web dengan Python termasuk Flask dan Django.

- Otomatisasi Tugas

Python bisa digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas berulang, seperti memeriksa kesalahan di banyak file, mengkonversi file, atau mengirim email dengan interval waktu tertentu.

- Tugas Harian

Python juga dapat digunakan untuk mengotomatiskan berbagai tugas harian seperti memantau pasar saham, memperbarui daftar belanjaan, atau mengubah file teks menjadi spreadsheet.

Fitur Python

Berikut ini adalah fitur yang disediakan oleh bahasa pemrograman python : 

- Bahasa Yang Diinterpretasikan

Python menjalankan kode secara langsung baris demi baris, yang memudahkan pemrograman untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam kode.

- Bahasa yang Mudah Digunakan

Python menggunakan kata-kata yang mirip dengan bahasa Inggris dan menggunakan indentasi alih-alih kurung kurawal, membuatnya lebih mudah dipelajari dan digunakan.

- Bahasa Berorientasi Objek

Python menganggap semua hal sebagai objek dan juga mendukung tipe pemrograman lain seperti pemrograman terstruktur dan fungsional.

Penggunaan Python di Berbagai Sektor Industri

Berikut ini adalah bahasa pemrograman python yang digunakan pada sektor industri: 

- Keuangan dan Trading

- Komputasi Ilmiah dan Matematis

- Pengembangan Website

- Otomatisasi dan Administrasi Sistem

- Grafik Komputer

- Pengembangan Game Dasar

- Pemetaan dan Geografi

Beberapa Library Python

Berikut ini adalah beberapa library python yang cukup populer : 

- Matplotlib

Digunakan untuk memplot data dalam grafik 2D dan 3D berkualitas tinggi, sering digunakan dalam aplikasi ilmiah.

- Pandas

Menyediakan struktur data yang fleksibel untuk memanipulasi data deret waktu dan data terstruktur, sering digunakan untuk tugas ilmu data, analisis data, dan machine learning.

- NumPy

Library populer untuk membuat dan mengelola deret, memanipulasi bentuk logis, dan melakukan operasi aljabar linier.

- Request

Digunakan dalam pengembangan web untuk mengirim permintaan HTTP, menambahkan header, dan melakukan lebih banyak tugas saat berkomunikasi dengan aplikasi web.

- OpenCV-Python

Library untuk pemrosesan citra dalam aplikasi penglihatan komputer, menyediakan banyak fungsi untuk tugas pemrosesan citra.

- Keras

Library jaringan neural dalam Python dengan dukungan luar biasa untuk pemrosesan data dan visualisasi, mendukung banyak jenis jaringan neural dan memiliki struktur modular yang fleksibel untuk menulis aplikasi inovasi.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.

Sumber : 

- https://aws.amazon.com/id/what-is/python/

- https://www.dicoding.com/blog/python-pengertian-contoh-penggunaan-dan-manfaat-mempelajarinya/