Jasa Pembuatan Website Murah | Applikasi | Design | Social Media Marketing | Digital Marketing

Apa Itu Backlink dan Manfaat Backlink

Pada artikel ini akan membahas mengenai apa itu backlink, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Apa Itu Backlink

Backlink adalah tautan dari satu domain atau subdomain yang mengarah ke halaman web lainnya. Kadang-kadang disebut "inbound link" atau "incoming link," karena tautan ini datang dari luar dan mengarahkan pengguna ke situs web Anda. Dalam konteks SEO, backlink berfungsi seperti tiang penopang yang membantu memperkuat posisi sebuah website di hasil pencarian mesin pencari (SERP) untuk kata kunci tertentu.

Kategori Umum Backlink

Backlink terbagi menjadi 2 kategori umum, yaitu : 

- Internal Backlink

Tautan yang menghubungkan halaman-halaman di dalam satu domain yang sama. Tujuannya adalah untuk membantu pengunjung menemukan informasi lebih lanjut dan mengarahkan mereka ke konten terkait lainnya di dalam situs yang sama. Internal backlink membantu meningkatkan durasi kunjungan dan mengurangi bounce rate.

- External Backlink

Tautan yang mengarah atau diterima dari domain lain. Jika konten di situs Anda tidak mencakup topik tertentu, Anda bisa menambahkan sumber dari situs lain. Tautan eksternal membantu pengunjung mendapatkan informasi tambahan dan juga membantu meningkatkan otoritas dan relevansi situs yang dirujuk.

Jenis-Jenis Backlink

Berikut ini adalah beberapa jenis backlink, yaitu : 

- Editorial Backlink

Backlink alami yang diberikan oleh situs lain sebagai referensi atau sumber informasi. Untuk mendapatkan backlink ini, konten di situs Anda harus menarik dan berkualitas tinggi.

- Comment Backlink

Tautan yang disertakan dalam komentar pada situs lain. Biasanya dilakukan di situs berkualitas tinggi, tetapi jika dilakukan berlebihan, dapat merusak reputasi.

- Relationship-based Backlink

Dihasilkan dari hubungan baik dengan webmaster atau jurnalis lain. Mereka cenderung memberikan backlink jika Anda membuat konten yang bagus.

- Free Tool Backlink

Diperoleh dengan mempromosikan alat yang bermanfaat untuk bisnis terkait.

- Acknowledgement Backlink

Diberikan saat Anda melakukan donasi, sponsor, atau kegiatan lainnya yang mendapatkan pengakuan dari situs lain.

- Backlink DoFollow

Tautan yang memberikan nilai SEO pada halaman web yang dituju, membantu meningkatkan otoritas domain dan peringkat kata kunci.

- Backlink NoFollow

Tautan yang memberitahu mesin pencari untuk tidak memberikan nilai SEO pada halaman yang dituju, kebalikan dari DoFollow.

Manfaat Backlink

Berikut ini adalah manfaat menggunakan backlink 

- Meningkatkan Peringkat pada SERPs

Backlink bertindak seperti suara yang memperkuat otoritas situs Anda di mata mesin pencari. Semakin banyak backlink berkualitas yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat Anda di hasil pencarian.

- Mempercepat Indexing

Backlink membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks situs Anda lebih cepat.

- Meningkatkan Page Authority dan Domain Authority

Backlink berkontribusi pada peningkatan skor Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yang membantu meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

- Membangun Hubungan dengan Situs Lain

Proses mendapatkan backlink melibatkan interaksi dengan situs lain, yang dapat membangun hubungan yang saling menguntungkan.

- Membangun Reputasi Website

Banyaknya backlink berkualitas menunjukkan bahwa situs Anda populer dan dipercaya oleh situs lain.

Tool Terbaik Untuk Mendapatkan Backlink

Berikut ini adalah beberapa tool yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan backlink

- Ahrefs

Alat yang menawarkan fitur lengkap untuk link building, memberikan informasi terkait profil link situs Anda dan membuka peluang mendapatkan backlink.

- Google Alerts

Alat ini membantu Anda mendeteksi sebutan nama blog atau brand Anda di internet, memungkinkan Anda menghubungi pemilik situs tersebut untuk mendapatkan backlink.

- Pitchbox

Meskipun bukan alat khusus untuk mendapatkan backlink, Pitchbox membantu merencanakan dan mengirim email otomatis untuk berhubungan dengan banyak situs sekaligus, membantu dalam negosiasi backlink.

Jika kalian ingin membuat website, aplikasi mobile atau dekstop, manajemen sosial media, atau desain ui ux silahkan kunjungi website kami di https://www.softindopp.com/.